Irfad Faiq Abdillah. Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 16 November 2011

model dan pola dalam belajar

Robert M. Gagne membedakan pola-pola belajar siswa ke dalam delapan tipe, yaitu sebagai berikut:
1. Signal Learning (Belajar Isyarat)
Signal learning dapat diartikan sebagai proses penguasaan pola-pola dasar perilaku bersifat involuntary (tidak sengaja dan tidak disadari tujuannya)
2. Stimulus-Respons Learning (Belajar Stimulus-Respons)
Proses belajar bahasa pada anak-anak merupakan proses yang serupa dengan ini. Kondisi yang diperlukan untuk berlangsungnya tipe belajar ini adalah faktor inforcement. Waktu antara stimulus pertama dan berikutnya, semakin kuat reinforcement.
3. Chaining (Rantai atau Rangkaian)
Chaining adalah belajar menghubungkan satuan ikatan S-R (Stimulus-Respons) yang satu dengan lain. Kondisi yang diperlukan bagi berlangsungnya tipe belajar ini antara lain, secara internal anak didik sudah harus terkuasai sejumlah satuan S-R, baik psikomotorik maupun verbal.
4. Verbal Association (Assosiasi Verbal)
5. Discrimination Learning (Belajar Diskrimination)
6. Concept Learning (Belajar konsep)
7. Rule learning (Belajar aturan)
8. Problem solving (pemecahan masalah)
sumber: SVOONG

0 komentar:

Posting Komentar